Saturday, July 10, 2010

Penolong di Dunia

Assalammualaikum...

Hidup di dunia ini tidak semudah yang dipikirkan.Hidup kaya raya,terlahir sebagai konglomerat tidak menjamin hidupmu di dunia ini.Mungkin bagi orang kaya,tidak ada hambatan untuknya mencukupi kebutuhan sehari-hari,bahkan bisa lebih.Tapi coba kita lihat ke bawah,masih banyak orang tidak mampu yang susah hanya untuk mengisi perutnya,bagi mereka melanjutkan kehidupan nomor satu.

Siapa manusia yang bisa menerka-nerka apa yang bakal terjadi dengan hidupnya 3 detik kemudian?tak ada satupun manusia di dunia ini yang bisa menerka dan tahu apa yang bakal terjadi dihidupnya 3 detik kedepan.Tak ada kuasa manusia untuk melihat apa yang bakal terjadi didepan.

Banyak kita lihat mungkin pengusaha-pengusaha sukses yang telah meraup keuntungan besar tiba-tiba bangkrut karena persaingan bisnis yang keras,ia lalu bingung,menangis dan depresi karena harta yang dikumpulkannya hilang dalam waktu yang singkat,lalu ia menjadi gila karenanya.

Tak sedikit juga kita lihat orang yang tidak mampu,menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan uang,mereka merampok,membunuh,merampas harta orang lain hanya untuk sesuap nasi.

Kita lihat lagi saudara kita yang kurang beruntung,mereka yang cacat,mereka yang putus asa karena kekurangannya,tidak sedikit dari mereka yang akhirnya bunuh diri,entah itu dengan meminum racun,menyayat nadinya,menggantung dirinya.

Hal itu biasa terjadi didunia ini,hampir setiap hari bisa kita lihat di pemberitaan televisi atau cetak.Tapi itulah hidup,terkadang kita merasakan bahagia yang luar biasa,yang bisa membuat kita lupa diri,tapi terkadang kita dibawah,merasakan kerasnya hidup,merasakan sedihnya menjadi orang yang susah.

Tapi Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran yang begitu mulia,firman bagi umatnya didunia :

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',
( QS. Al Baqarah 2:45 )


Allah As-Shobur telah memberitahukan bagi kita bagaimana kita bisa lepas dari kesusahan dan kesedihan di dunia ini.Yaitu dengan Sabar.

Mungkin Sabar tidak mudah untuk kita lakukan setiap saat.Manusia mempunyai sifat pemarah dan emosional yang bisa menghilangkan kesabaran itu dengan cepat.Seolah-olah sabar itu tenggelam karena emosi marah tadi.

Tapi coba kita pikirkan,Sabar itu sangat indah bila kita bisa menjalaninya dengan penuh takwa dan iman kepada Yang Maha Sabar.Kita bisa melihat sendiri kisah Nabi kita Muhammad SAW.Ketika beliau menyiarkan agama Allah SWT.Beliau tidak mudah dalam menjalaninya,beliau selalu dihina,dimaki,dilempari kotoran dan bahkan hampir dibunuh.Tapi Nabi Muhammad tak pernah menyerah,tak pernah takut untuk mati dikarenakan beliau selalu bersabar.Sabar adalah penolong bagi beliau.Beliau terus menyiarkan agama Allah SWT.Disaat beliau sedang kesusahan,beliau bersabar,lalu ia memohon dan berdoa kepada Allah SWT untuk mendapatkan jalan keluarnya.

Ada satu lagi kisah Nabi Muhammad SAW yang sangat mulia dan penuh kesabaran;

"Nabi Muhammad SAW sering melewati sebuah pasar di Mekah.Hampir setiap hari beliau melewati pasar itu.Ditengah-tengah pasar itu ia menemui seorang yang buta dan tua.Nabi Muhammad selalu meluangkan waktu untuk menyuapi orang tua itu untuk makan dan menemaninya.Setiap hari Nabi Muhammad menyuapi orang tua itu makan,dan setiap suapan itu,orang tua itu selalu bercerita tentang orang gila di Mekah,yang membuat perpecahan di Mekah,yang menyebarkan agama sesat,orang itu adalah Muhammad.Ia selalu bercerita setiap ia disuapi oleh Nabi Muhammad,tak ada rasa marah dan benci Nabi Muhammad kepada orang tua itu,beliau terus menyuapi orang tua itu dengan penuh kasih sayang sambil mendengar cerita orang tua itu tentang dirinya yang dianggap sebagai orang yang jelek,hina,gila dan sesat di Mekah.Pada saat Nabi Muhammad telah wafat,kebiasaan itu diteruskan oleh Sahabat beliau.Sahabat meneruskan kebiasaan beliau dengan menyuapi orang tua itu,tapi seperti biasa tiap suapan orang tua itu terus menjelek-jelekan Nabi Muhammad SAW,sahabat ini marah ketika mendengar cerita kejelekan Nabi Muhammad dari orang tua itu,tiba-tiba orang tua itu bertanya kepada sahabat"kau bukan orang yang biasa menyuapiku makanan,mana orang yang biasa menyuapiku makanan?"lalu sahabat menjawab"orang yang biasa menyuapimu makanan telah wafat"lalu orang tua itu bertanya kembali kepada sahabat"siapakah orang yang biasa menyuapiku makanan itu?"lalu sahabat menjawab"Dia adalah orang-orang yang selalu kau jelek-jelekkan,dialah Nabi Muhammad"seketika orang tua itu menangis,tidak pernah terbayangkan olehnya orang yang menyuapinya makanan itu adalah Nabi Muhammad SAW,orang tua itu menangis dengan keras dan menyesal telah menjelek-jelekan Nabi Muhammad,orang yang setiap hari menyuapinya makanan.Lalu orang tua itu masuk ke dalam Islam"

Itu adalah salah satu kisah dari Nabi Muhammad SAW,kisah yang sangat penuh dengan ilmu Sabar.Beliau dengan ikhlas menyuapi orang tua itu makanan setiap hari walaupun orang tua itu terus menjelek-jelekkan dirinya didepan Nabi Muhammad SAW.

Sabar yang beliau tunjukkan adalah contoh dan panutan dari kesabaran kita.Kita juga harus bisa bersabar seperti beliau.Dari kesabaran beliau lah saya bisa menyimpulkan bahwa "Kesabaran itu tidak ada batasnya".

Tapi orang-orang banyak berpendapat bahwa kesabaran itu ada batasnya dan apabila telah melewati batas itu maka kesabaran pun akan hilang dan marahpun akan menguasai diri kita.Jadi dari nabi Muhammad lah saya bisa belajar bahwa Sabar itu tidak akan pernah ada batasnya sampai kapanpun jg.

Kalau kita masukkan itu kedalam hidup kita,maka hidup ini tidak akan pernah membuat kita hancur.Sabar adalah pengendalian diri,jika tiap orang mempunyaitingkat kesabaran yang tinggi maka hidupnya akan baik.Sabar adalah penolong didunia.

Jika seorang pengusaha mempunyai kesabaran yang tinggi,apabila ia mengalami bangkrut ia tidak akan pernah depresi dan bingung karena hartanya hilang,ia bersabar dan berserah diri kepada Allah,terus bersabar dan memohon doa kepada Allah agar diberikan jalan yang baik baginya.

Jika seorang yang miskin mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi maka ia tidak akan pernah berfikir untuk mencuri,merampok dan membunuh,sabar,sabar dan sabar lalu meminta pertolongan kepada Allah SWT agar Allah memberikannya jalan yang terbaik.

Jika seorang yang kekurangan atau mengalami kecacatan fisik mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi ia tidak akan pernah berfikir untuk mengakhiri hidupnya karena berputus asa akibat kekurangannya,bersabarlah dan Allah akan memberikan jalan yang baik bagi dirimu.

Sabar adalah penolong yang jelas bagi kita didunia.Bersabarlah ketika kita sedang diuji oleh Allah.Dalam keadaan apapun,entah itu bangkrut,ketika ditinggal orang yang kita sayangi,ketika kita sedang jatuh dalam menjalani kuliah.Sabar itu manis.bahkan lebih manis dari madu sekalipun jika kita bersabar dengan sungguh-sungguh.


Bersabarlah dengan setiap cobaan dan ujian yang diberikan Allah SWT kepada kita.Bersabarlah dengan mengharap Ridha dari-NYA,bersabarlah karena sabar itulah penolongmu didunia ini,bersabarlah karena Sabar yang akan mengantarkanmu ke Surga-Nya Allah SWT.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
( QS. Al Baqarah 2:155 )


فَلَمَّا فَصَلَ طَالُوتُ بِالْجُنُودِ قَالَ إِنَّ اللّهَ مُبْتَلِيكُم بِنَهَرٍ فَمَن شَرِبَ مِنْهُ فَلَيْسَ مِنِّي وَمَن لَّمْ يَطْعَمْهُ فَإِنَّهُ مِنِّي إِلاَّ مَنِ اغْتَرَفَ غُرْفَةً بِيَدِهِ فَشَرِبُواْ مِنْهُ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنْهُمْ فَلَمَّا جَاوَزَهُ هُوَ وَالَّذِينَ آمَنُواْ مَعَهُ قَالُواْ لاَ طَاقَةَ لَنَا الْيَوْمَ بِجَالُوتَ وَجُنودِهِ قَالَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلاَقُو اللّهِ كَم مِّن فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةً بِإِذْنِ اللّهِ وَاللّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ
Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: "Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya; bukanlah ia pengikutku. Dan barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka dia adalah pengikutku." Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: "Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya." Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: "Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."
( QS. Al Baqarah 2:249 )



Alhamdulillahirabbilalamin

No comments:

Post a Comment