Tuesday, June 15, 2010

Mutiara didalam dirimu

Bissmilaahirrahmanirrahim

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna.Pada awal penciptaannya,manusia diciptakan dari tanah,dan derajatnya ditinggikan oleh Allah SWT,seluruh malaikat yang ada disurga sujud kepada Manusia pertama yaitu Nabi Adam AS.Manusia diberikan oleh Allah akal,fikiran,perasaan,ilmu.Itulah sebagian kecil kelebihan-kelebihan yang Allah berikan kepada kita manusia,lebih dari mahluk ciptaan Allah yang lain.

Dengan akal kita manusia bisa memnafaatkan apa yang ada dibumi ini dengan baik,dengan akal kita bisa membuat sesuatu yang bermanfaaat untuk kelangsungan hidup manusia.Setiap manusia pasti mempunyai akal untuk dirinya sendiri berfikir.Berfikir untuk proses kehidupannya.

Selain itu juga manusia diberikan indera-indera yang lengkap.Mata untuk melihat,hidung untuk bau,lidah untuk merasa,telinga untuk mendengar,kulit untuk meraba.Alhamdulillah,ini bisa kita pergunakan dan manfaatkan untuk hidup kita,sangat berguna dan sempurna yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita umatnya.

Tapi tidak sedikit manusia yang menggunakan inderanya dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya.Banyak kita lihat orang-orang yang bergunjing dengan mulutnya,ia mengobral berita-berita atau gosip yang tidak jelas darimana datangnya,ia menjelek-jelekkan saudaranya,menghina saudaranya dari belakang dengan mulutnya yang diberikan Allah SWT.

Banyak mata-mata yang melihat hal-hal yang sepatutnya tidak dilihat.Terkadang mata ini tidak peka terhadap apa yang ada disekitar kita,suatu saat mata ini melihat seorang tua yang renta meminta-minta kepada kita,tapi sekali lagi mata ini tidak peka,kita hanya melintas didepannya dan buru-buru pergi.

Kadang telinga ini digunakan untuk mendengar hal-hal yang tidak baik.Digunakan untuk mendengar dosa,mendengar godaan-godaan dunia.Hal yang seharunya tidak kita gunakan.Masih banyak anugrah Allah SWT didalam diri kita terkadang kita gunakan untuk hal-hal yang salah.

Kau menggunakan kakimu untuk pergi ke tempat maksiat,kau gunakan tanganmu untuk kejahatan,kau gunakan akal fikiranmu untuk suatu rencana yang buruk terhadap saudaramu,kadang kau gunakan kekuatanmu untuk menindas yang lemah.

Tapi tidakkah kau lihat,sekelompok saudara-saudaramu yang kelebihan itu tidak ada didalam dirinya.Allah SWT tidak memberikan itu kepada dirinya.Banyak kita melihat orang yang lahir dalam keadaan buta,ia tidak bisa melihat bagaimana dirinya,bagaimana bentuk wajahnya,ia juga tidak bisa melihat ibu ayahnya,ia tidak bisa melihat bagaimana bentuk dunia ini,yang ia lihat hanyalah hitam.Hitam yang terus ia lihat entah sampai kapan waktu akan menghentikannya.

Coba kita lihat saudara kita yang lumpuh,yang hanya bisa duduk dikursi roda,mereka tidak bisa bebas berjalan,bila ingin bepergian kursi roda itu setia menemaminya,suatu keterbatasan untuk melakukan suatu perjalanan.

Lalu,ada juga saudara kita yang tidak bisa menggunakan telinganya dengan baik,mereka tuli.Tidak bisa mendengarkan apa-apa,yang ada hanyalah keheningan.Diam.Tidak bisa mendengarkan pembicaraan disekitar mereka,tidak bisa mendengarkan lantunan Adzan yang begitu indah.

Kita lihat lagi saudara-saudara kita yang bisu atau gaguk,mereka tidak bisa berbicara,mereka tidak bisa menyampaikan apa yang dia rasa,kata-kata itu akan tersimpan didalam hatinya.Suatu tekanan bagi mereka tidak bisa menyalurkan apa yang ada didalam fikirannya.Masih banyak lagi kekurangan yang bisa kita lihat disekitar kita.

Tapi,tidak sedikit hinaan dan cercaan yang melayang kepada saudara-saudara kita ini,mereka diperlakukan tidak baik karena keterbatasannya,mereka dipermainkan,mereka dihina karena kekurangannya,terkadang mereka dimanfaatkan dengan kekurangannya ini.Mereka dihina dengan orang sekitar sebagai orang yang buta,sebagai orang yang bisu/gaguk,sebagai orang yang tuli,sebagai orang yang lumpuh.

Coba kau bayangkan,seorang anak yang terlahir bisu/gaguk,disaat pertumbuhannyaseharusnya ia bisa tertawa,menyanyi,bersenda gurau dengan teman-temannya,tapi apa yang ia rasakan,ia tidak bisa bicara layaknya teman-temannya yang lain,ia hanya diam dan berkata perkataan yang tidak jelas.Lalu temannya mulai menghinanya si bisu,si gaguk,bisa kau bayangkan bagaimana perasaan si anak itu dihina oleh teman-temanya disaat ia butuh kegembiraan dalam seusinya.

Mungkin itu adalah salah satu contoh yang bisa saya berikan.Tapi cobalah kau fikirkan,mereka-mereka ini adalah orang yang beruntung,mereka ini adalah orang yang dijaga oleh Allah lewat keterbatasannya tadi.

Seorang yang buta.Ia dijaga oleh Allah lewat kebutaannya itu,ia dijaga agar tidak melihat gemerlapnya dunia ini,ia dijaga untuk tidak melihat hal-hal yang bisa membuat dia jatuh ke dalam dosa,matanya terjaga dari hal-hal buruk didunia ini.Seorang yang bisu,ia dijaga oleh kebisuannya untuk tidak mengucapakan hal-hal yang dosa.Ia tidak akan menghina saudara-saudaranya,ia tidak akan membicarakan keburukan orang lain,ia tidak akan mengeluarkan kata-kata kotor,mulutnya terjaga dari dosa.Seorang yang tuli,ia tejaga dari telinganya yang tidak bisa mendengar,mendengar kebohongan dunia,mendengar kebohongan manusia-manusia kafir,mendengar keburukan orang lain,telinganya terjaga dari dosa.Seorang yang lumpuh,langkahnya dijaga oleh Allah,ia terhindar dari langkah-langkah kemaksiatan,terhindar dari tempat-tempat maksiat dimuk bumi ini,terhindar dari dosa yang bisa dilakukan oleh kaki dan tangannya.

Mereka sabar dengan cobaan yang Allah berikan.Tidak ada penyesalan yang mereka fikirkan,mereka bersyukur kepada Allah SWT telah diberikan kesempatan untuk hidup,telah diberikan orang-orang yang sayang kepada mereka,diberikan orang-orang yang menerima dan merawat mereka dari ketidakberdayaannya,Syukur yang selalu mereka panjatkan kepada Allah,sungguh Sabar yang luar biasa,sugguh Ilmu Sabar yang sulit untuk orang biasa pelajari,sesungguhnya inilah Mutiara didalam dirimu saudaraku,Sabar yang kau miliki dari keterbatasanmu,tanpa kau menyalahkan Allah yang telah membuat menciptakan dirimu seperti itu,tanpa kau menangis meratapi nasibmu,tanpa kau mengeluh kesusahan dalam menjalani hidupmu,tapi kau selalu bersyukur,kau selalu memohon ampun kepada Allah,kau selalu Sabar dengan apa yang ada didirimu,itulah Mutiara didalam dirimu saudaraku,Mutiara yang begitu indah,Mutiara yang begitu cantik,Mutiara yang begitu berkilau didalam dirimu yang akan kau lihat diakhirat kelak,yang akan menerangi perjalananmu di akhirat nanti,kau akan membawa Mutiara itu kehadapan Allah SWT,Mutiara yang begitu mulia.

Lihatlah kita,kita yang begitu sempurna,dilahirkan dalam bentuk yang sempurna,dilahirkan dengan fisik dan psikis yang sempurna.Tapi,tidak jarang kita mengeluh kepada Allah,tidak jarang kita mengeluh kepada Allah,tidak jarang kita menyalahkan Allah karena hal-hal yang kita lakukan.Kadang kita gagal dalam suatu pekerjaan,kau menyalahkan Allah,bahwa Allah lah yang membuatmu tidak sukses,kau menyalahkan Allah yang memberimu penderitaan.Saat kau terkena musibah,kau berfikir Allah yang mengirimkan itu untukmu tanpa kau fikirkan apa yang ada dibalik musibah itu.

Tidak sedikit kita lihat.Banyak pria dan wanita yang menggunakan kesempurnaan fisiknya untuk hal-hal maksiat.Melangkahkan kakinya ke tempat maksiat,ke club club malam,menikmati indahnya dunia,menghambur-hamburkan uang,meneguk minuman keras.Berbicara tentang keburukan orang lain,mendengarkan perkataan dosa,menggunakan kekuatannya untuk menindas orang-orang lemah yang tidak mampu.

Terkadang akal dan kesehatan yang diberikan oleh Allah kita sia-sia kan.Kita lebih banyak menggunakan waktu untuk tidur,membuang-buang waktu selagi sehat,kita melalaikan shalat dikala sehat,tapi apa yang kita lakukan di saat sakit,kita baru ingat kepada Allah,kita ingat bahwa saat sehat kita jarang menunaikan sholat,baru sadar dengan apa yang kita lakukan sewaktu sehat.Tapi apa yang kita kerjakan ketika sehat kembali,kita lupa kepada itu semua,kita lupa Allah.

Jika kita kembali melihat saudara-saudara kita yang mempunyai kekurangan,mereka ikhlas,mereka sabar dengan apa yang diberikan oleh Allah kepada mereka,tanpa mengeluh sedikitpun,syukur dan dzikir yang mereka lakukan.Sudah sepantasnya kita malu dengan apa yang mereka lakukan,mereka masih tetap bersyukur terhadapa apa yang diberikan Allah kepada mereka,sedangkan kita sibuk menyalahkan Allah dan mengeluh apabila mendapat musibah atau kegagalan dalam menjalani sesuatu.

Suatu pandangan yang membuat hati kita terbuka apabila kita melihat ini semua dengan ikhlas.Sebuah pelajaran penting yang dapat kita ambil dari keikhlasan dan kesabaran saudara-saudara kita ini,tidak sepantasnya kita menyalahkan Allah,mengeluh kesulitan apabila suatu kegagalan dan musibah menimpa diri kita,ikhlas dan sabarlah dalam menjalani itu semua,sebuah pelajaran berharga dari saudaraku yang mulia,sesungguhnya aku malu kepada Allah saudaraku.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
( QS. Al Baqarah 2:155 )



إِلاَّ الَّذِينَ صَبَرُواْ وَعَمِلُواْ الصَّالِحَاتِ أُوْلَـئِكَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ
kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.
( QS. Huud 11:11 )




وَمَا تَنقِمُ مِنَّا إِلاَّ أَنْ آمَنَّا بِآيَاتِ رَبِّنَا لَمَّا جَاءتْنَا رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْراً وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ
Dan kamu tidak menyalahkan kami, melainkan karena kami telah beriman kepada ayat-ayat Tuhan kami ketika ayat- ayat itu datang kepada kami". (Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)".
( QS. Al A'raf 7:126 )


Alhamdulillahirabbilalamin

No comments:

Post a Comment